Minggu, 28 Mei 2017

MAJLIS DZIKIR DAN TA'LIM AL-ISTIQOMAH SANGATTA


SEJARAH BERDIRINYA MAJLIS DZIKIR DAN TA'LIM AL-ISTIQOMAH  - SANGATTA


Majlis Dzikir Dan Ta'lim Al -Istiqomah (MDT Al - Istiqomah) - Sangatta- Kabupaten Kutai Timur-Kalimantan Timur,Berdiri pada Tanggal 05 Februari 2015
Jauh sebelum Jama’ah Majlis Dzikir dan Ta’lim Al-Istiqomah secara resmi berdiri pada tanggal 05 Februari 2015 diSangatta, sejatinya perkumpulan ini sudah eksis sejak tahun 2012. Saat itu jumlah anggota baru beberapa orang  dan orang sering sebut perkumpulan itu menyebutnya geng “JONES” (Jomblo Ngenes)

Majlis ini awal mula berdiri atas dasar beberapa pemuda perantauan dari berbagai daerah yang tinggal disangatta yang memiliki kebiasaan berkumpul tiap malam sehabis isya.
Pada Awalnya acara kumpul itu hanya sebatas makan bersama setelah gajian, ngobrol, becanda, diskusi tentang kerjaan dan aktivitas keseharian.

Hingga akhirnya ada gagasan dari salah satu teman untuk mengganti kegiatan tersebut dengan kegiatan rohani, antara lain kegiatan Pembacaan Yasin dan Tahlil
Tujuan dan gagasan kegiatan ini intinya kita ingin belajar bersama, ingin mengajak kebaikan, yang baik diantara teman-teman perantauan.

Ketika bertepatan tanggal 05 Februari 2015, di sangatta ada Tabligh Akbar yang mendatangkan Mubaligh kondang “KH.Anwar Zahid” dari Bojonegoro yang diseleggarakan di Masjid Agung Bukit Pelangi, Sangatta.

Acara berlangsung menjelang Sholat Dzuhur.



Pada malam hari setelah sholat Isya' kegiatan Yasin & Tahlil pertama kali diselenggarakan dirumah salah seorang anggota majlis. Tujuan awal didirikannya majlis ini adalah
Pertama diniatkan untuk mencari ridhlo Allah dengan beribadah
Kedua Sama-sama saling Belajar, semua sama rata tak ada yang merasa pintar dan tak pula ada yang perlu dibedakan satu sama lain.
Sejak saat itu pula kegiatan Yasin & Tahlil berjalan setiap 1 minggu sekali pada malam jum’at secara keliling dan bergantian tempat kerumah anggota majlis

Berbicara soal perkumpulan atau majlis pasti tak luput dari soal dana, didalam majlis “TIDAK DIPUNGUT BIAYA“ Majelis tidak mewajibkan atau mengharuskan setiap anggota untuk membayar / menyerahkan nominal dana yang ditentukan ketika mengikuti kegiatan -kegiatan dalam majlis.Yang terpenting dalam tujuan awal majlis ini didirikan adalah : Ketika anda ingin mengikuti kegiatan majlis. Sebagai penggerak didalam majelis sangat mengapresiasi keikutsertaan anda untuk menjadi lebih baik. Dan keinginan untuk menjadi lebih baik harus tertanam dari awal kepada setiap anggota. Dalam keikutsertaan anggota majelis tidak mengenal RAS, suku, warna kulit, daerah asal dll. Artinya siapa saja boleh ikut serta dan bergabung dalam Majlis

Kegiatan mulai berjalan kira kira hampir 6 Bulan,anggota jama’ah pun mulai bertambah, yang awalnya 6 orang menjadi 10 Orang, menjadi 12 Orang.
Sampai pada suatu malam bulan Romadhon tanggal 03 Juni 2016, disepakati bersama untuk menjadikan "JONES" berubah menjadi Majlis Dzikir Dan Ta'lim Al-Istiqomah.dengan ijin dan persetujuan dari KH.Muhamad Rifai (Pengasuh Ponpes Darul Istiqomah-Malang) Kebetulan pada saat itu bertepatan pada acara Khotmil Qur'an yang dihadiri oleh Al Mukarom KH.Samiruddin (Alumni Ponpes Lirboyo-Kediri)


Dan alhamdulillah kegiatan ini terus berjalan hingga hari ini dan anggota majlis makin bertambah. Dan tak lupa kami mohon do'a restu dari para pembaca agar Majlis ini terus berjalan dan tetap istiqomah.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Semangat terus konco

Majlis Dzikir Dan Ta'lim Al-Istiqomah mengatakan...

Matur nuwun konco

Majlis Dzikir Dan Ta'lim Al-Istiqomah mengatakan...

Matur nuwun konco

Mike Aries Nodha mengatakan...

Bismillahirrohmanirrohim
Do The Best

Unknown mengatakan...

Semangat..
Teruslah berjuang..

Harlah 4 Tahun Majlis Dzikir Dan Ta'lim Al-Istiqomah

Harlah 4 Tahun Majlis Dzikir Dan Ta'lim Al-Istiqomah Sangatta - Majlis Dzikir Dan Ta'lim Al-Istiqomah diusia yang ke-4, al...